Judul                    : Desain Pembelajaran PAK Berbasis Quantum Teaching

Penulis                 : Dr. Novita Loma Sahertian, M.Th.

ISBN                     : 978-602-231-478-3

Penerbit               : BPK Gunung Mulia

Bab I: Pendahuluan

Bab II: Konsep Dasar Pendidikan Agama Kristen

Bab III: Ruang Lingkup Pendidikan Agama Kristen

Bab IV: Format Pembelajaran Quantum Teaching

Bab V: Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Quantum Teaching

Bab VI: Pendidikan Agama Kristen Berbasis Quantum Teaching Menuju Pendidikan Kreatif

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

 

ISI BUKU

  1. Maksud dan Tujuan Buku

Permasalahan-permasalahan seputar pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang ada saat ini cukup membingunkan para pengajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) saat membuat rancangan pembelajaran. Sering kali para pengajar ini, demi menghemat waktu, menggunakan model pembelajaran yang ditawarkan dalam buku-buku PAK tanpa memikirkan apakah model pembelajaran tersebut sesuai dengan karakter dan situasi dari para siswa.

Kehadiran buku ini pun sebagai upaya untuk menambah referensi para guru PAK terhadap model pembelajaran yang dapat mereka terapkan di kelas sekaligus meningkatkan kualitas mengajar guru PAK.

  1. Ringkasan Buku

Buku ini secara sistematis membahas tentang konsep dasar Pendidikan Agama Kristen, ruang lingkup Pendidikan Agama Kristen, format pembelajaran Quantum Teaching, perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen berbasis Quantum Teaching, pelaksanaan pembelajaran berbasis Quantum Teaching, dan Pendidikan Agama Kristen berbasis Quantum Teaching menuju pendidikan karakter.

Buku ini juga menguraikan langkah-langkah mendesain pembelajaran PAK berbasis Quantum Teaching konteks kurikulum 2013 dan juga menyediakan RPP, instrumen pengukur sikap terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.

 

Backcover Buku

Buku ini disusun untuk membantu guru Pendidikan Agama Kristen dalam memahami berbagai hal yang berhubungan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Di dalamnya, para guru bisa mempelajari bagaimana cara mendesain Pendidikan Agama Kristen berbasis Quantum Teaching dalam konteks Kurikulum 2013. Melalui aktivitas pembelajaran tersebut, diharapkan siswa mampu untuk mencapai keberhasilan baik dalam aktivitas proses pembelajaran di kelas dan selanjutnya dapat mengaplikasikan di lingkungan di mana siswa berada.

Buku ini secara sistematis membahas: konsep dasar Pendidikan Agama Kristen, ruang lingkup Pendidikan Agama Kristen, format pembelajaran Quantum Teaching, perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Kristen berbasis Quantum Teaching, pelaksanaan pembelajaran berbasis Quantum Teaching, serta Pendidikan Agama Kristen berbasis Quantum Teaching menuju pendidikan karakter.

Buku ini diharapkan dapat digunakan oleh guru di Sekolah dan juga di jemaat-jemaat dalam melaksanakan proses pembelajaran yang mengacu pada Silabus dan RPP yang didesain dalam langkah-langkah TANDUR, bahan ajar, dan Lembar Kerja Siswa.