BPK Gunung Mulia kembali menggelar webinar CAKAP (Cerita Tentang Kehidupan dan Pekerjaan) bersama motivator Rum Martani, Rabu (8/6), dengan tema “Enggak Kritis Saat Krisis”. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memunculkan krisis di banyak sektor. Banyak masyarakat yang terkena imbasnya.

Melalui webinar tersebut, Rum ingin mengajak para peserta untuk bisa berjuang di tengah krisis. Namun sebelum itu, Rum mengimbau sebaiknya para peserta bisa beradaptasi dengan kondisi new normal.  “Untuk bisa menerima keadaan new normal, kita harus bisa menerima diri kita sendiri. Sudahkah kita bisa menerima diri kita sendiri?” tanya Rum.

Rum melanjutkan, untuk bisa berjuang di tengah krisis saat ini, kita dapat memaksimalkan sumber daya diri sendiri, seperti, berucap, berpikir, bertindak, dan perasaan. Ketika kita memanfaatkan sumber daya tersebut, kita harus melakukannya secara positif. “Berucap yang baik, tidak mengeluh,” ujar Rum.

Rum bercerita tentang pengalamannya memasak nasi goreng. Situasi belakangan membuatnya memiliki banyak waktu di rumah. Ia pun mencoba belajar memasak. Bagi Rum, memasak bukanlah pekerjaan yang mudah. Ia sangat jarang memasak. Suatu hari ia mencoba memasak nasi goreng. Awal memasak ia kaget. Saat memasukkan bumbu, wajannya mengepul, mengeluarkan asap. Ia pun langsung terbirit-birit keluar dapur. Namun, pengalaman itu tidak membuatnya kapok memasak. Ia memilih untuk mau belajar memasak. Akhirnya, setelah beberapa kali mencoba, ia berhasil membuat nasi goreng yang enak.

Kita pun bisa menghasilakan hal baru di tengah krisis. Tentunya bila kita mau beradaptasi dengan keadaan saat ini, dan berucap, berpikir, bertindak, dan berperasaan secara positif. (Retta)